Senin, 17 Januari 2011

Sholat yang Terlupakan.....

Minggu lalu aku melakukan perjalanan dari Bogor ke Jawa dengan tujuan Blora, naik bus Garuda Mas. Perjalanannya lumayan lancar, nggak terlalu macet. Aku sempat ketiduran, bangun-bangun dah sampai Subang. Karena udah terlanjur bangun, aku puas-puasin ajan lihat-lihat pemandangan. Aku nggak ngobrol sesama penumpang coz mereka pada tidur, capek kali.

Bis berhenti di Cirebon untuk makan malam di sebuah restoran tepat jam 18.00 WIB. Aku pergi makan dulu, belum terdengar suara adzan gitu lhoh. Makanannya lumayan enak, aku makan dgn lahap. Abis perut kenyang, aku ambil air wudhu.

Duhh, miris banget, dari 2 armada bus dengan penumpang kurang lebih 50an, yg menyambangi mushola nggak lebih dr 10 orang. Cowoknya hanya ada 2 orang, sedangkan yg cewek mungkin 5 ke atas. Aneh ya????

Kemana perginya penumpang berjilbab yang jumlahnya cukup banyak. Masa sich mereka lagi datang bulan rame-rame???? Well mungkin aja, kita kan nggak tahu. Tapi penumpang cowoknya nggak mungkin kan lagi datang bulan??? atau nonis semua.

Wow ini luar biasa. Tapi masa sich??? Ada kebetulan sehebat itu?

Aku bilang hebat karena tiap aku melakukan perjalanan ini yang selalu terjadi. Miris ya? Saat lagi susah begini bukannya semakin mendekat pada Sang Pencipta tapi malah semakin jauh. Ini sich membuat hidup semakin jauh dari rahmat-Nya. Mungkin saja saat ini kita selalu dirundung duka nestapa, bencana datang silih berganti karena kita sebagai umat Islam, menjauhi Masjid dan mendekat ke pub, klub-klub, warung remang-remang, dlll tempat maksiat. Wallahu Alam bi Showab.

TIPS Dari Akoe, Nich....
1. Cari tahu dulu jadwal sholat
Untuk itu kita mesti bawa jam, mo jam HP or jam tangan terserah yang penting kita tahu waktu. Kalo nggak punya keduanya, tanya aja ama penumpang yang lain. Masa sich dalam satu kendaraan nggak ada yang bawa HP apa jam? Hari gini githu loh.

2. Rencanakan mau pake kendaraan jenis apa buat bepergian, mobil pribadi, bus umum, kereta api atau malah pesawat. Ini penting untuk merancang kapan kita bisa melakukan ibadah sholat.

Paling mudah kalo pake kendaraan pribadi bisa berhenti semau kita, jadi nggak perlu pusing-pusing. Nah susah kalo naik kendaraan umum karena kita mesti mengikuti jadwal perjalanan kendaraan sesuai yang ditentukan oleh perusahaan. Kalo yang ini kita mesti ati-ati emgnatur jadwal, salah dikit waktu sholat melayang dech.

Untuk perjalanan di sekitar wilayah Jawa usahakan tahu kapan kendaraan berhenti dan berapa lama? Waktu berhenti itu bisa kita manfaatkan untuk sholat. Jika tidak dapat berhenti di musholla, kita bisa sholat di kendaraan.

So tak ada lagi alasan buat ninggalin SHOLAT. Ingat Sholat itu amalan pertama yang ditanya di hari akhir nanti. Kalo ibadah yang satu ini kita nggak beres alamat siap-siap menghuni neraka jahanam. Ihhhh Syeremmm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar