Rabu, 26 Januari 2011

Aksi Galang "Koin Untuk Presiden", Sindiran apa Penghormatan?

SBY curhat, itu hal biasa. Tiap kali ada persoalan genting dan beliau diberi wewenang untuk menyampaikan sikap pemerintah, biasanya diselingi dengan obrolan biasa yang sering disebut SBY Curhat.

Kali SBY curhat seputar gajinya yang tak naik selama 6 tahun menjabat di pertemuan TNI. Kontan aja ini jadi polemik di masyarakat. Banyak yang mengecam sikap SBy ini yang dianggap sembrono. Soalnya gaji SBY terbilang tinggi sekitar 63 juta, plus tunjangan operasional sekitar 2 milyar, padahal pendapatan masyarakat rata-rata hanya 2 juta dan ini semakin menurun di tengah himpitan naiknya harga pangan dan sulitnya mencari pekerjaan yang layak.

Belum lagi prestasi SBY selama memimpin dua periode ini tak ada kemajuan yang berarti. Kemajuan yang dicapai pemerintah hanya diatas angka-angka statistik, artinya hanya segelintir orang yang menikmati sedangkan sebagian besar rakyat menderita. Makanya itu dibilang prestasi pemerintah pimpinanan SBY jelek dibuktikan dengan menurunnya tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat. Dimana-mana rakyat berdemo, menentang pemerintah. Tapi yang paling mencolok kegagalan SBY membongkar skandal Century dan kasus mafia pajak dan mafia-mafia yang lainnya yang tumbuh subur di negeri ini.

Wajar kalo rakyat mengecam keras ucapan SBY dan menyindirnya dengan menggalang koin untuk SBY sebagai tambahan gaji. Meski dianggap kurang ajar, menurutku ide itu termasuk brilian dan cukup kreatif. Mungkin penggagas ide udah bosan diingetin lewat kata-kata, demo, mosi tidak percaya , bahkan teguran keras lewat tokoh-tokoh agama, tapi tak digubris. Makanya kali ini disindir dengan aksi galang koin untuk Presiden sebagai wujud akumulasi rasa kesal mereka. Jika ini juga tak ditanggapi serius dengan perbaikan kinerja, aku khawatir masalah akan semakin besar sehingga muncul peristiwa tahun 1998, yang diwarnai berdarah-darah.

Semoga saja ini tidak terjadi, dan Pemerintah lebih kerja keras meningkatkan kinerja, menunjukkan bukti hasil kerja nyata bukan janji atau prestasi di atas kertas. Aku yakin pemerintah bisa, kalo mau serius dan memang sungguh-sungguh mencintai rakyatnya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar